Rabu, 21 Desember 2011

Memulai Kebiasaan Baik


Alhamdulillah sampai saat ini Allah masih memberikan banyak nikmatnya kepada kita semua. Shalawat serta salam senantiasa kita kirimkan kepada junjungan kita Rasulullah SAW.

Menulis, mungkin banyak diantara kita yang beranggapan menulis itu adalah hal yang sulit. Dan pada awalnya saya juga beranggapan seperti itu,hehe. Namun sebenarnya tanpa kita sadari kita semua ini adalah penulis yang handal. Jika kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, saat ini hampir tidak ada lagi orang yang tidak menggunakan hp, baik dari keluaran yang paling canggih dan mahal sampai kepada hp yang sudah tergolong sangat murah.

Nah melalui alat komunikasi yang satu inilah kita dapat melihat antusias dan aktivitas menulis yang cukup tinggi di kalangan masyarakat saat ini. Baik melalui sms (pesan singkat) yang dapat dilakukan pada semua hp sampai kepada fitur-fitur menulis di dunia maya (twitter, facebook, maupun blog) melalui hp yang sudah cukup canggih.
Sebagai aktivis dakwah, kita juga harus pandai-pandai dalam melihat peluang dakwah, salah satunya melalui media menulis ini.

Tidak sedikit para pejuang dakwah berhasil menjalankan tugas mulia ini melalui tulisan-tulisan mereka yang memang sungguh luar biasa memberikan motivasi dan informasi mengenai Islam. Untuk menjadi seorang penulis tidaklah dibutuhkan uang dan harta yang berlimpah, waktu yang banyak, dan fasilitas-fasilitas lainnya lg. Yang paling penting adalah semangat kita untuk berbagi kepada orang lain melalui hasil pemikiran kita yang dituangkan lewat tulisan.



Dan dari yang saya pelajari kiat yang paling penting untuk menjadi seorang aktivis dakwah yang berjuang melalui tulisan adalah memulai menulis. Sebab banyak orang yang saat ini belum berani untuk menulis karena terlalu memikirkan bagaimana tulisannya itu kelak. Dan yang juga tidak kalah pentingnya jangan sampai melupakan tujuan awal kita untuk berdakwah melalui tulisan. Ini sesuai dengan hadits dari Rasulullah yang berbunyi "Inna mal a'maalu bin niat" yang artinya sesunggunya segala amal perbuatan itu tergantung niatnya.

Mungkin diawal dari tulisan singkat saya ini cukup demikian dulu. Mohon kritik dan saran dari rekan-rekan sekalian. Waslm wr wb..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar